Pembangunan Sistem Kabel Bawah Laut Batam–Dumai–Melaka Telah Selesai Siap Untuk Jamin Kualitas Layanan Data


Pembangunan konstruksi jaringan kabel bawah laut Batam-Dumai-Melaka (BDM) yang menghubungkan Indonesia dengan Malaysia secara langsung telah rampung. Ketersediaan jaringan serat optik sepanjang 400 km ini akan memainkan peranan penting dalam mendorong dan mendukung penyediaan jaringan internasional yang berkualitas seiring dengan terus meningkatnya permintaan layanan data di kawasan ini.

Meningkatnya penyebaran permintaan layanan data di kawasan Asia, termasuk Malaysia dan Indonesia, yang mendorong pula adanya peningkatan yang signifikan dalam jumlah pengguna broadband dan layanan ecommerce menjadikan layanan jasa telekomunikasi tetap tumbuh dengan baik. Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka PT XL Axiata Tbk bersama dengan Telekom Malaysia Berhad serta PT Mora Telematika Indonesia sepakat untuk dilakukannya pembangunan sistem BDM, serat optik bawah laut yang baru pada sistem jaringan antara kedua negara untuk memenuhi tuntutan ketersediaan tambahan jaringan yang lebih memadai. Selain untuk melayani kedua negara, sistem jaringan ini juga akan menyediakan interkoneksi dengan sistem jaringan utama yang menghubungkan Eropa, Amerika, Afrika, dan bagian lain di Asia melalui Malaysia.

Senior VP Business Strategy & Partnership XL, Johnson Chan, mengatakan, “Saat ini, permintaan layanan data terutama untuk mobile Internet berkembang dengan cepat. Pelanggan menuntut akses internet yang lebih baik, lebih cepat, dan bisa diandalkan. Kemitraan XL dengan Telekom Malaysia Berhad dan PT Mora Telematika Indonesia dalam membangun Batam- Dumai-Melaka Cable System akan mendukung tujuan kami untuk memberikan layanan data yang lebih baik kepada pelanggan kami “.

Adapun perjanjian kerjasama untuk konstruksi jaringan kabel bawah laut dan maintenance ini secara resmi telah ditandatangani bersama antara Telekom Malaysia Berhad, PT Mora Telematika Indonesia, dan PT XL Axiata Tbk pada bulan Februari 2011 lalu di Kuala Lumpur, dengan nilai investasi sekitar USD 7 juta.  Pembangunan sistem kabel bawah laut ini, juga didukung oleh Huawei Marine Network (HMN) sebagai mitra teknologi.

Sistem kabel BDM terdiri dari 2 pasang serat yang dirancang untuk menyediakan setidaknya 1,28 Tbps, dengan teknologi  Dense Wavelength Division Multiplexing, (DWDM) dan memiliki kemudahan untuk dapat dilakukan upgrade. BDM menghubungkan kedua negara dengan dua rute, yaitu Melaka-Batam dan Dumai-Melaka. Untuk Landing station di Malaysia disediakan oleh Telekom Malaysia, dan dua lainnya yang berada di di Indonesia oleh XL.

Sistem kabel BDM akan melengkapi sistem jaringan dengan kapasitas bandwidth besar yang tersedia di kawasan Asia Tenggara ini. Dengan kapasitas bandwidth yang besar dan teknologi transmisi berkualitas tinggi, sistem jaringan ini tidak hanya akan mampu memenuhi kebutuhan atas pertumbuhan yang berkembang saat ini dan di masa mendatang, tetapi juga memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap percepatan pembangunan ekonomi, industri, dan budaya di kedua negara.

Iklan

Tentang primahandphone

Prima Handphone. Dealer Resmi XL untuk wilayah Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Ketanggungan.
Pos ini dipublikasikan di Info dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pembangunan Sistem Kabel Bawah Laut Batam–Dumai–Melaka Telah Selesai Siap Untuk Jamin Kualitas Layanan Data

  1. stephanie - bintang cel berkata:

    MDS Double bonus utk 2012 apakah sudah dimulai? krn utk claim poin masih bisa dilakukan dan bisa dicek juga melalui sms ke 599 ..
    Tetapi apakah point tersebut akan ditukar dengan saldo dompul otomatis seperti tahun kemarin? Mohon info nya.. tq.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s