XL: Kebijakan Clusterisasi Menguntungkan Pedagang dan Konsumen


Jakarta – PT XL Axiata menyatakan kebijakan clusterisasi merupakan kebijakan pengelolaan jalur distribusi penyediaan pulsa untuk menjamin adanya keseimbangan pasokan pulsa, serta untuk mewujudkan Availability, Visibility serta Advocacy yang baik dalam hal penyediaan pulsa XL untuk masyarakat

Demikian ditegaskan Head of Corporate Communication XL, Febriati Nadira menanggapi pemberitaan terkait soal keluhan dari Asosiasi Server Pulsa Indonesia (ASPINDO) atas aturan tambahan Hard Clusterisasi yang diterapkan XL.

Menurut Febriati, kebijakan clusterisasi merupakan kebijakan pengelolaan jalur distribusi penyediaan pulsa yang diterapkan XL yang bertujuan untuk menjamin adanya keseimbangan pasokan pulsa dengan besaran permintaan pulsa (supply dan demand) yang ada di satu wilayah tertentu.

Selain itu, kata Febriati, kebijakan clusterisasi ini juga bertujuan untuk mewujudkan Availability, Visibility serta Advocacy yang baik dalam hal penyediaan pulsa XL untuk masyarakat. Dan menurutnya, penerapan kebijakan clusterisasi  yang dilakukan  XL memberikan beberapa manfaat bagi masyarakat/pengguna XL dan juga bagi para pelaku usaha penyedia pulsa.

Berbagai manfaat yang dapat dirasakan dari adanya kebijakan clusterisasi ini diantaranya adalah, adanya jaminan ketersediaan pulsa bagi pengguna XL di area manapun dan dengan harga yang stabil atau tidak jauh berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, terciptanya iklim usaha yang sehat dalam hal penyediaan pulsa untuk masyarakat karena terbangunnya mekanisme keseimbangan antara pasokan dan permintaan pulsa di satu wilayah/area.

Selanjutnya, menurut wanita yang akrab disapa Ira ini, terciptanya iklim usaha yang sehat, maka akan mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya para pengusaha kecil dan menengah dalam melakukan bisnis penjualan pulsa XL di wilayah operasional masing-masing, dan kebijakan ini juga mendorong para pengusaha lokal untuk lebih giat mengembangkan bisnis penjualan pulsa di wilayah operasionalnya masing-masing karena didukung dengan adanya jaminan/kepastian sistem kontrol dan monitoring dari XL untuk bisa memberikan layanan penyediaan pulsa yang lebih baik bagi masyarakat.

“Mekanisme dan kebijakan distribusi secara clustering sebenarnya sudah diterapkan oleh XL sejak beberapa tahun yang lalu, hanya saja penerapan kebijakan tersebut  masih bisa disalahgunakan oleh sebagian pelaku bisnis penyedia pulsa, yang pada akhirnya memberikan dampak yang tidak baik terhadap XL ataupun terhadap masyarakat atau pelanggan XL,” ujar Ira dalam keterangan resminya kepada telsetnews di Jakarta.

Ia memberi contoh akibat penyalahgunaan yang dilakukan para pelaku bisnis penyedia pulsa itu antara lain, adanya kelangkaan ataupun pasokan pulsa XL yang berlebihan di satu wilayah/area tertentu, adanya perbedaan harga pulsa XL yang cukup signifikan antara satu daerah dengan daerah lainnya, kurang terciptanya iklim usaha yang sehat dalam bisnis penyediaan pulsa di wilayah/daerah tertentu sehingga merugikan pelanggan.

Disebutkan, penerapan kebijakan clusterisasi yang dilakukan oleh XL sudah sejalan dengan himbauan/instruksi pemerintah bagi para pelaku usaha untuk dapat menjamin ketersediaan produk dan jasanya (supply & demand) untuk  pelanggan dimanapun berada sesuai dengan wilayah operasional pelaku bisnis yang bersangkutan.

Menanggapi ancaman pemboikotan yang akan dilakukan ASPINDO, Ira menegaskan, bahwa para pelaku bisnis termasuk XL, dalam menjalankan bisnisnya dilindungi oleh undang-undang. “Apabila ada pihak-pihak yang dengan sengaja ataupun tidak sengaja melakukan tindakan yang berpotensi merugikan kegiatan operasional bisnis, maka kami dari pihak XL berhak untuk melakukan berbagai upaya langkah hukum seperlunya,” tegas Ira.

Sumber : http://www.telsetnews.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2752:xl-clusterisasi-menguntungkan-pedagang-dan-konsumen-&catid=72:telco&Itemid=48

Tentang primahandphone

Prima Handphone. Dealer Resmi XL untuk wilayah Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Ketanggungan.
Pos ini dipublikasikan di Info dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s